free website hit counter
Potret Bisnis 

Pemko Pekanbaru Berikan Pemutihan Denda PBB, Dispenda Perpanjang Waktu Pelunasan

Potret24.com, Pekanbaru- Guna meringankan masyarakat, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memberikan pemutihan dendan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Selain itu Pemko melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) juga memperpanjang masa pelunasan PBB menjadi 31 September 2019.

Hal itu dikatakan Kepala Bapenda Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Senin (2/8/2019). Perpanjangan pelunasan PBB menurutnya dikarenakan sejumlah wajib pajak di Kota Pekanbaru ternyata masih banyak yang menunggak.

Mereka belum melunasi PBB hingga batas waktu pembayaran 31 Agustus 2019.
Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru akhirnya memperpanjang waktu pembayaran PBB.

Perpanjangan pembayaran PBB hingga 30 September 2019 mendatang. “Kita perpanjang jadwal pelunasannya karena masyarakat menanggapi positif pembayaran PBB tahun ini,” jelas Kepala Bapenda Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin kepada Tribun, Senin (2/8/2019).

Menurutnya, satu alasan memperpanjang jadwal pelunasan PBB adalah animo masyarakat. Ia melihat masyarakat antusias membayar PBB tahun ini.
Apalagi program penghapusan denda PBB masih berlangsung hingga kini.
Namun wajib pajak tetap harus melunasi pokok pajak yang tertunggak.

Mantan Camat Rumbai menyebut bahwa antusias para wajib pajak terlihat dari kenaikan capaian PBB hingga 30 Agustus 2019. Jumlah pendapatan PBB mencapai Rp100 miliar.

Capaian ini meningkat dari tahun lalu di periode sama. Pada tahun 2018 lalu capaian PBB pada periode sama mencapai Rp34 miliar. “Ada kenaikan sekitar 194 persen dri tahun lalu pada periode sama,” paparnya.

Pria disapa Ami menegaskan bahwa para wajib pajak bisa segera melunasi PBB. Mereka yang tidak kunjung melunasi PBB hingga 30 September 2019 bakal ditagih dan harus bayar denda.

Total jumlah pendapatan dari pajak daerah hingga 30 Agustus 2019 mencapai Rp411 miliar. Ada tren kenaikan dari periode sama tahun 2018 hanya Rp307 miliar. (Lis)

Related posts