Pemkab Siak Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-91

Potret Riau
Potret24.com, Siak- Pemerintah Kabupaten Siak peringati Hari Sumpah Pemuda ke-91, Senin (28/10/2019).  Upacara yang dipusatkan di Lapangan Tugu Siak itu, dipimpin langsung Bupati Siak, H Alfedri.
 
Seperti tahun sebelumnya, upacara hari Sumpah Pemuda kali ini juga menampilkan puluhan pemuda-pemudi yang mengenakan pakaian adat tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.
 
Bupati membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali, Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun pemuda yang diikrarkan tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.
 
“Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” sebut Alfedri.
 
Dikatakan Alfedri, canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama, dan interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam. 
 
Disinilah, lanjutnya, diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang posistif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia.
 
Terakhir, bupati mengatakan kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya. Tapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan, menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu, serta kenyataan-kenyataan masa kini sehingga membuat mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan.
 
“Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat, bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia,” pungkasnya.
 
Usai Upacara Hari Sumpah Pemuda, Bupati Siak Alfedri secara langsung memberikan penghargaan kepada 33 Pemuda Berprestasi Kabupaten Siak.
 
Hadir dalam upacara ini sejumlah unsur Forkopimda, pelajar SMP, SMA, Mahasiswa, Pemuda Pancasila, KNPI, Karang Taruna, Honorer, ASN, Polri dan TNI. (Humas/Aw)