free website hit counter
Advertorial 

Pekanbaru Tuan Rumah Peringatan HUT Damkar Satu Abad, Satpol PP dan Satlinmas tingkat Nasional

Potret24.com, Pekanbaru- Rabu (06/03/2019) menjadi hari bersejarah bagi Kota Pekanbaru. Kota Bertuah dipercaya sebagai tuan rumah puncak peringatan HUT Pemadam Kebakaran (Dankar) satu abad, HUT ke-49 Satuan Polisi Pamong Praja dan HUT Ke-57 Satuan Perlindungan Masyarakat tingkat nasional.

Upacara peringatan tiga lembaga yang dipimpin Menteri Dalam Negeri,
Tjahjo Kumolo di Stadion Kharuddin Nasution, Rumbai itu berlangsung meriah.

Dalam arahannya, Mendagri Tjahjo Kumolo menekankan kepada Damkar, Satpol PP dan Satlinmas agar memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik.

“Damkar, Satpol PP dan Satlinmas bisa terjun ke lapangan semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pintanya.

Kemudian dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu), Mendagri diharapkan Damkar, Satpol PP dan Linmas dapat melekat terhadap Polda dan Polres setempat.

“Ini untuk meningkatkan koordinasinya untuk menjaga tempat-tempat TPS, dan tempat yang vital seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat,” pesannya.

Lebih jauh Mendagri  mengatakan fungsi melayani masyarakat tidak hanya  pada perizinan dan regulasi saja termasuk  fungsi Damkar, Linmas dan Satpol PP tetap dibutuhkan.

“Saya kira itu intinya, agar kedepan pelayanan kepada masyarakat tidak hanya semata-mata perizinan saja dan aspek-aspek regulasi,”  tegasnya lagi

Berbagai atraksi diperagakan ketiga dinas yang meyarakan HUT di lapangan sepak bola Kharudin Nasution yang dihadiri  ratusan pelajar di Pekanbaru.

Di lain sisi adanya iven tingkat nasional yang menghadirkan ribuan orang ke Pekanbaru, diharapkan bisa dampak positif bagi perkembangan perekonomian di Pekanbaru.

“Ada sekitar 6000 pengunjung yang hadir ke Pekanbaru dari seluruh Indonesia untuk mengikuti iven nasional di Pekanbaru. Hotel-hotel akan terisi dan juga pusat kuliner akan ramai didatangi,” ungkap Sekad Pekanbaru, M Noer.

Dilain sisi  Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaryu, Burhan Gurning mengatakan tidak mudah bagi Kota Pekanbaru untuk bisa terplih sebagai tuan rumah penyelenggaran iven tingkat nasional seperti HUT Damkar.

“Kita sudah sampaikan permohonan menjadi tuan rumah sejak awal tahun lalu pasca peringatan HUT Damkar di Ambon,” sebut Gurning yang beberapa kali mendatangi Kemendagri terkait kesiapan kota Pekanbaru sebagai tuan rumah.

Salah seorang peserta HUT Damkar yakni Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu, Sudaryano R Lamangkona  menyebut kegiatan yang dilaksanakan di Kota Pekanbaru cukup menarik dan meriah. Sebab itu menurutnya patut diberikan apresiasi.

“Tadi ada atraksi oleh anggota  Satpol PP dan Damkar, itu menarik  sekali karena yang diperagakan adalah skill personel,” tutupnya.

Menpan RB Resmikan MPP Pekanbaru

Ada agenda penting lainnya yang digelar di hari yang sama di Pekanbaru.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Syafruddin meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru, Rabu (6/3/2019).

MPP terletak di Jalan Sudirman Pekanbaru, tepatnya di Kantor Walikota Pekanbaru.

MPP hadir di Kota Pekanbaru untuk memermudah masyarakat dalam melakukan beragam jenis urusan perizinan dan administrasi kependudukan, hingga pembayaran berbagai jenis pajak dan transaksi.

MPP, kata Menpan, merupakan inovasi pelayanan yang bertujuan memberi pelayanan berkualitas sehingga masyarakat bisa terlayani secara efisien dan efektif.

“MPP ini memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang maksimal, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik,” jelasnya.

Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus MT menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menpan RB yang telah menyempat waktunya untuk meresmikan MPP Pekanbaru.

MPP yang mulai dibangun pada 2018 lalu itu merupakan komitmen pemerintah kota dalam menyukseskan program Kemenpan RB dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat dan pelaku usaha melalui pelayanan terpadu satu pintu.

“Awalnya, Ibu Deputi Pelayanan Publik sempat ragu ketika kita lihatkan lokasi pembangunan. Namun kami optimis, 2018 dimulai pembangunan dengan merenovasi lantai dasar kantor walikota. Alhamdulillah, dalam waktu sangat pendek, 4 bulan, kami bisa menyelesaikan,” jelasnya.

Saat ini, MPP dengan luas ruangan sekitar 4.000 meter persegi itu melayani sebanyak 173 perizinan dan non perizinan yang terdiri 96 perizinan ditangangi DMP-PTSP dan 77 pelayanan oleh 24 instansi pemerintah, lembaga, perbankan serta badan usaha milik daerah.

“Apa yang kita resmikan ini tahap pertama pelayanan. Nanti akan ada gedung B, Kantor Bappeda untuk pelayanan Disdukcapil. Untuk administrasi kependudukan ini 14 konter kami siapkan untuk pelayanan capil,” jelasnya. (Adv/Humas/Pemko)

Related posts