free website hit counter
Potret Internasional 

Mulai Hari ini, Belanda Larang Penggunaan Cadar di Ruang Publik

Potret24.com – Pemerintah Belanda resmi melarang penggunaan pakaian penutup wajah atau cadar mulai hari ini, Kamis (1/8/2019). Aturan ini berlaku di gedung-gedung pemerintah dan transportasi publik.

 

Sejak  awal dirancang 13 tahun lalu, aturan tersebut mendapat sejumlah penolakan dari berbagai pihak. Penolakan tersebut antara lain datang dari perusahaan transportasi publik dan rumah sakit.

Dilansir dari media daring lokal, DutchNews, seorang yang memakai cadar di ruang publik akan dikenakan denda sebesar 150 Euro atau setara dengan Rp 2,3 juta. Ruang publik yang dimaksud dalam aturan tersebut meliputi transportasi umum, rumah sakit, dan sekolah. Meski demikian, pemberlakuan larangan tersebut tidak berlaku di jalan terbuka.

Menanggapi pemberlakuan aturan ini, pemerintah Belanda menggambarkannya sebagai bentuk “netralitas beragama”. Menurut pemerintah Belanda, aturan baru Belanda itu berbeda dengan aturan di sejumlah negara tetangga yang dinilai berisi larangan lebih luas.

Lebih lanjut pemerintah mengatakan, larangan penggunaan cadar akan kembali dievaluasi dalam tiga tahun mendatang.

Selain cadar, penggunaan masker ski juga termasuk dalam aturan baru tersebut. Sebelum efektif diberlakukan di Belanda, negara Eropa lain seperti Perancis, Jerman, Belgia, dan Swiss telah lebih dulu melarang penggunaan burqa di tempat umum. (Lis)

Related posts