free website hit counter
Potret Nasional 

Kemenhub Siagakan Brimob di Tol Trans Sumatera

Potret24.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sampai saat ini telah menyiapkan upaya antisipasi keselamatan lalu lintas para pemudik 2019 yang akan menggunakan Tol Trans Sumatera

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi mengatakan bahwa pihaknya dan pihak kepolisian sudah mengadakan rapat untuk meningkatkan keamanan di sekitar Tol Trans Sumatera. 

“Kalau Tol Trans Sumatera saya sudah komunikasi, akhirnya kemarin Pak Kapolda Sumsel sudah menyampaikan mengeluarkan statement, saya akan tempatkan para petugas Brimob,” kata Budi di Kemenhub, Jakarta, Rabu (29/5/2019). 

Budi menjelaskan untuk Tol Trans Sumatera ini akan dijaga oleh Brimob mulai Tol Lampung hingga Palembang. Ia menambahkan jika terdapat pihak yang melakukan kejahatan, aparat kepolisian akan menindak tegas pelaku. 

“Petugas Brimob di beberapa titik dan akan menindak tegas kalau ada kejahatan yang di Palembang itu, yang di Lampung juga demikian,” tutur Budi. 

Brimob ini akan ditempatkan di beberapa titik di antaranya yaitu Tol Bakauheni hingga Tol Terbanggi Besar. Kemudian, dilanjutkan dari Terbanggi Besar hingga Pematang Panggang. 

Budi menambahkan dari Tol Pematang Panggang hingga Tol Kayu Agung sudah bisa digunakan namun masih bersifat fungsional. 

“Dari Tol Pematang Panggang hingga Kayu Agung itu sudah bisa difungsikan tetapi sifatnya masih jalan tol fungsional. Dibuka hanya pagi hari dan satu lajur saja,” katanya. 

Sedangkan, pengamanan untuk Tol Trans Jawa, Budi mengatakan akan dipercayakan kepada polisi lalu lintas. 

“Jadi yang di Jawa kan untuk sebagian petugas-petugas lantas, kalau di sana [Tol Trans Sumatera] petugas Brimob secara khusus,” pungkasnya. (Lis)

Related posts