Kelas Terbatas, SDN 004 Kuapan Jadikan Rumah Penjaga Sekolah Sebagai Ruangan Kelas Belajar

Potret Pendidikan

Potret24.com, Kampar- SDN 004  Kuapan Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar terpaksa menjadikan rumah penjaga sekolah sebagai Ruang Kelas Belajar (RKB). Hal itu dilakukan karena sekolah ini kekurangan RKB. 

Demikian diungkap Kepala SDN 004 Kuapan, Dahniar kepada awak media potret24.com, akhir pekan lalu. Menurutnya, rombongan belajar (rombel) setiap tahun meningkat di sekolah. “Rombongan belajar makin bertambah, tapi tidak diberangi dengan ketersedian RKB. Makanya kami terpaksa memanfaatkan rumah penjaga sekolah untuk dijadikan RKB,” kata Dahniar.

Selain RKB, Dahniar juga mengeluhkan keterbatasan mebeler. Bahwa, banyak mebeler mulai dari meja kursi yang kondisinya rusak dan tidak layak pakai.  “Banyak mebeler yang rusak. Ini membuat siswa kurang nyaman belajar,” ungkapnya

Untuk itu, Dahniar sangat berharap perhatian pemerintah. Karena kalau hal itu dibiarkan dapat menghambat kegiatan belajar mengajar. “Bila kegiatan belajar mengajar terganggu maka mustahil bisa mencapai pendidikan berkualitas. Karena pendidikan berkualitas sangat ditentukan oleh sarana dan prasarana yang memadai,” tegas Dahniar.

Kondisi sekolah yang memprihatinkan ini memang patut disayangkan. Mengingat keberadaan sekolah berada tak jauh dari ibukota Kabupaten Kampar, Bangkinang. (nm)