Potret24.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan rekapitulasi suara pemilu luar negeri selesai hari ini, Kamis (9/5/2019). Dari 130 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) ditargetkan sebanyak 129 selesai sore ini. 

“Masih ada 20 PPLN lagi, tentu kami berharap siang sampai sore kelas atas bisa menyelesaikan 10 PPLN dan kelas bawah 10 PPLN, jadi total selesai 130. Tapi dokumen masih ada 129 ya, mudah-mudahaan 129 PPLN bisa slesai hari ini,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019).
Arief mengatakan data rekapitulasi 1 PPLN yang belum yaitu di Kuala Lumpur (KL), Malaysia. Hal ini dikarenakan KL masih melakukan pemungutan suara ulang via pos.

“Tinggal KL, karena kita harus menunggu selesainya pemungutan suara ulang untuk metode pos,” kata Arief. 

Arief menyebut khusus data PPLN KL ini akan diberikan pada 17 Mei 2019. Menurut Arief, nantinya data rekap KL akan diputuskan pada tanggal 18 Mei 2019. 

“Karena butuh waktu agak panjang, direncanakan tanggal 17 baru akan masuk dokumennya,” ujar Arief.

“Kemungkinan tanggal 18 baru kita rekap, kalau 17 pagi sudah selesai, kami bisa ikutkan sesi sore atau malem kalau nggak selesai tanggal 18 kami rekap,” sambungnya. 

Hingga siang ini diketahui KPU telah selesai melakukan rekapitulasi suara untuk 110 PPLN. Total jumlah PPLN diketahui sebanyak 130 PPLN.

Sebelumnya, daerah Kuala Lumpur direkomendasikan untuk melakukan pemungutan suara ulang oleh Bawaslu. Hal ini dikarenakan adanya temuan surat suara tercoblos.  (Lis)

Print Friendly, PDF & Email