Jelang Kontrak Chevron Berakhir, Pertamina akan Investasi Besar-besaran untuk Eksplorasi di Blok Rokan

Potret Bisnis

POTRET24.COM, PEKANBARU – Jelang kontrak PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) kelola Blok Rokan berakhir pada 2021, PT Pertamina akan menanam investasi di ladang minyak tersebut.

“Kontrak Pertamina kelola Blok Rokan kan dalam waktu dekat ini. Setelah teken kontrak Pertamina mencoba untuk langsung investasi,” kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau, Indra Agus Lukman, dilansir cakaplah.com, Minggu (20/1/2019) di Pekanbaru. 

Investasi Pertamina, sebut dia, membantu Riau menemukan sumur-sumur baru di Blok Rokan. Investasi ini butuh modal besar. Sebab kegiatan eksplorasi ini bisa saja dari 10 bor satu yang berhasil. 

“Ini agar ketika kontrak Chevron berakhir pada 2021, Blok Rokan tidak terjadi penurunan produksi. Kalau sekarang produksi 190 ribu barel per hari, nanti ketika sudah peralihan produksi Blok Rokan masih pada level itu,” paparnya. 

Karena itu, pihaknya berharap investasi baru Pertamina berbentuk ekploitasi ini bisa menghasilkan, sehingga dapat membantu Riau mempertahankan produksi Blok Rokan. (Lis)