free website hit counter
Breaking News 

HUT ke-62, Riau ‘Dihadiahi’ 49 Hotspot

Potret24.com, Pekanbaru- Hari ini, Jumat (9/8/2019) Provinsi Riau berusia 62 tahun. Di HUT  ini, provinsi berjuluk Negeri Lancang Kuning ‘dihadiahi’ 49 titik api yang tersebar di tujuh dari 12 kabupaten/kota di Riau.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Marzuki, mengatakan, titik panas tersebut tersebar di 7 wilayah.

“Tersebar di 7 wilayah dan yang paling banyak itu terpantau di Indragiri Hulu,” ujar Marzuki.

Dirincikan Marzuki, 49 titik panas tersebar di Bengkalis 3 titik, Kampar 1 titik, Pelalawan 2 titik, Rokan Hilir 5 titik, Siak 5 titik, Indragiri Hilir 16 titik dan Indragiri Hulu 17 titik.

“Dari jumlah tersebut, 39 titik diantaranya memiliki level konfidence diatas 70 persen yang artinya di wilayah tersebut ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan,” cakapnya.

Adapun 39 titik tersebut berada di Bengkalis 1 titik, Kampar 1 titik, Pelalawan 2 titik, Rokan Hilir 1 titik, Siak 4 titik, Indragiri Hilir 14 titik dan Indragiri Hulu 16 titik.

“Kita imbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” ungkapnya.

Meski terpantau banyak titik panas, malam hingga dini hari ada potensi hujan mengguyur Riau.

“Potensi hujan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir terjadi di sebagian wilayah Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kota Dumai, Bengkalis, Siak, Kampar dan Kota Pekanbaru,” ungkapnya.

Sementara dini hari ada potensi hujan intensitas ringan bersifat tidak merata terjadi disebagian wilayah Pelalawan dan Kepulauan Meranti. (Lis)

Related posts