Hubungan yang Stabil Bikin Gairah Seks Turun?

Potret Lifestyle

Potret24.com – Untuk memiliki hubungan   seks yang memuaskan, dibutuhkan  gairah  yang terus terpelihara antara pasangan. Sayangnya, sering terjadi gairah memudar seiring makin lamanya hubungan.

Hasil survei terhadap 10.000 responden pria dan wanita mengungkap beberapa penyebab dari penurunan libido, satu di antaranya adalah soal lamanya hubungan.

Responden adalah 4.839 pria, serta 6.669 wanita berusia antara 16 dan 74 tahun yang memiliki setidaknya satu pasangan seksual dalam setahun terakhir. Sekitar 15 persen pria dan 34 persen wanita mengaku gairahnya turun.

Setelah dianalisis, banyak faktor yang berkontribusi pada dorongan seks yang lebih rendah, termasuk usia, riwayat seks, dan kesehatan fisik dan mental.

Bagi wanita, penurunan gairah seks lebih tinggi pada mereka yang memiliki hubungan jangka panjang–setidaknya selama satu tahun. Hubungan yang sudah lama menyediakan keamanan, dukungan, dan persahabatan sederhana. Hal ini juga terkadang terasa membosankan.

“Banyak pasangan berjuang ketika kehidupan seks mereka menjadi terlalu rutin,” kata David Klow, LMFT, dan pemilik Skylight Counseling Center di Chicago.

Untungnya, ada banyak cara yang dapat membantu meningkatkan libido. Misalnya saja bereksperimen dengan posisi dan lokasi baru, komunikasi soal seks dan terapi pasangan.

Melakukan liburan yang sudah lama diimpikan juga bisa membantu menguatkan kembali komunikasi dengan pasangan. (Lis)