16 April 2024

Ilustrasi perumahan subsidi

Potret24.com – Berdasarkan data dari Rumah.com Property Index, harga properti terus mengalami kenaikan sejak akhir 2016 silam. Pasar properti sempat mengalami kelesuan pada akhir 2016 sebagai dampak dari faktor ekonomi secara keseluruhan yang turut dipengaruhi kondisi ekonomi global.

Namun, optimisme tersebut berangsur pulih. Ini tercermin dalam pergerakan data Rumah.com Property Index hingga akhir Februari 2018.

Secara kuartalan, index harga properti naik 2,6 persen pada kuartal pertama 2018 dibanding kuartal keempat 2017. Sementara itu, secara tahunan, index harga properti naik 4,5 persen pada kuartal pertama 2018 dibanding kuartal pertama 2017.

Country Manager Rumah.com Marine Novita menjelaskan, dinamika pasar properti nasional berdasarkan data Rumah.com Property Index menunjukkan optimisme yang tinggi. Index saat ini bahkan menjadi yang tertinggi selama dua tahun terakhir.

Marine melanjutkan, properti adalah salah satu instrumen investasi dengan risiko rendah dan keuntungan yang menjanjikan, khususnya di Indonesia.

“Prediksi bonus demografi, menggelembungnya penduduk usia produktif, yakni 15-64 tahun hingga tahun 2030 nanti bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam pasar properti. Usia target pasar properti berada di dalam rentang usia produktif ini,” kata dia, dikutip dari keterangan tertulis, Senin (1/4/2018).

Print Friendly, PDF & Email

Related News