free website hit counter
Breaking News 

Gawat, Kualitas Udara di Pekanbaru ‘Sangat Tidak Sehat’

Potret24.com, Pekanbaru- Kabut asap masih menyelimuti sejumlah daerah di provinsi Riau. hal ini akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang masih berlanjut di Bumi Lancang Kuning itu.

Salah satu daerah yang terkena terdampak kabut asap adalah ibu kota provinsi Riau, Pekanbaru. Sejak beberapa hari belakangan ini, kondisi kabut asap makin memburuk.

Menurut data yang dirilis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia tentang kualitasi udara dalam Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU), udara di Riau hari ini berada pada level ‘Sangat Tidak Sehat’.

Karena Kementerian LHK mencatat ISPU Pekanbaru sudah menyentuh angka 222. Data tersebut bisa dilihat di http://iku.menlhk.go.id/aqms/

Satu level lagi, kualitas udara di Pekanbaru akan sampai pada tingkat ‘Berbahaya’. Karena dalam ISPU ada empat level.

Level pertama kategori ‘Baik’ untuk ISPU 0-50, level ‘Sedang’ untuk ISPU 51-100, level ‘Tidak Sehat’ untuk ISPU 101-199, level ‘Sangat Tidak Sehat’ untuk ISPU 200-299 dan level ‘Berbahaya’ untuk ISPU di atas 300.

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pagi ini jarak pandang di Pekanbaru jauh menurun dibanding hari biasa, hanya seribu meter atau 1 kilometer.

“Jarak pandang di wilayah Kota Pekanbaru dari pantauan kita pada pukul 07.00 WIB tadi hanya sejauh 1 kilometer,” ujar Prakirawan BMKG Pekanbaru, Gita Dewi Siregar.

Sementara di wilayah kabupaten Pelalawan, jarak pandang terpantau 3 kilometer. Dan di Dumai serta Indragiri Hulu jarak pandang 5 kilometer. Kondisi ini disebabkan oleh kabut asap.

BMKG Pekanbaru juga merilis, masih ada titik panas di Riau. Walau jumlahnya menurun dibanding hari-hari sebelumnya, namun asap tetap menyelimuti sejumlah wilayah di Riau.

Rilis BMKG Pekanbaru menyebutkan, pada confidence level 50 persen di Sumatera ada 90 titik panas (hotspot). Dari jumlah tersebut, Riau paling banyak terdapat titik panas mencapai 41 lokasi.

Namun pada level confidence 70 persen, titik panas di Riau hanya terpantau satelit Terra/Aqua 27 titik panas. Sebaran Karhutla ini terdapat di Kabupaten Bengkalis 12, Pelalawan 5. (Lis)

Related posts