Cara Tepat Mengetahui Berat Badan Anak Sehat atau Tidak

Potret Lifestyle

Potret24.com – Mengetahui berat badan seorang anak sangat penting untuk mengukur apakah dia dalam kondisi sehat atau kelebihan berat badan. Berat badan anak ini bisa angat menentukan perkembangan yang dimilikinya pada bagian tubuh lain.

Dokter anak spesialis nutrisi dan penyakit metabolik pada anak, Prof Dr dr Damayanti Rusli Sjarif SpA(K) mengatakan bahwa masa awal kehidupan menjadi periode krusial dalam perkembangan anak. Sebanyak 50 sampai 60 persen energi yang diperoleh si kecil dipakai untuk perkembangan otak.

Bila asupan gizinya kurang, otak pula yang akan terkena dampak terlebih dahulu. Tidak hanya tubuh anak tak berkembang sempurna akibat asupan gizi yang tidak terpenuhi dengan optimal, fungsi kognitif anak pun terganggu.

Grafik WHO

Menurut Damayanti, grafik yang dipakai di Indonesia adalah grafik dari Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) 2006. Yang merupakan standar seluruh dunia.

Sementara itu, untuk para ibu yang ingin menimbang anaknya di rumah, pastikan terlebih dahulu bahwa timbangannya sudah dikalibrasi. “Harus dikalibrasi setidaknya setahun sekali minimal,” ujarnya.

Kemudian, menimbang anak harus di waktu yang selalu sama. Misal, penimbangan untuk pertama kali dilakukan di saat anak belum makan dan belum mandi, di bulan-bulan selanjutnya harus seperti itu juga.

“Kalau di bulan berikutnya anaknya sudah makan baru ditimbang, hasilnya bisa beda,” tandas Damayanti. (Lis)

Sumber: merdeka.com