Bupati Rohul Lepas Peserta Jelajah Rimba ke-7

Advertorial

Potret24.com, Pasirpengaraian- Sebanyak 839 raider motor trail ramaikan Jelajah Rimba Rokan Hulu (JRR) ke-7 Tahun 2019, Minggu (6/10/2019). Peserta dilepas Bupati Rokan Hulu, H Sukiman, dari Water Front City Pasirpangaraian, Kecamatan Rambah.

‎Pelepasan peserta JRR ke-7 di hari kedua ini turut dihadiri Sekda Kabupaten Rohul H Abdul Haris SSos MSi, Ketua PKK Rohul Hj Peni Herawati, Forkompinda Rohul, Kepala Dinas Pariwisata Riau Fahmizal Usman, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra ST, Wakil Ketua DPRD Rohul M Sahril Topan ST dan anggota Budiman Lubis, Dedek Hendro, Ayatullah Kumaini, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Rohul, termasuk Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Rohul Drs Yusmar MSi.

Hadir juga Ketua Ikatan Trail Adventure (ITA) Provinsi Riau, H Indra Gunawan alias Ujang Lurah, Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting, Kapolres Pelalawan AKBP M Hasyim Risahondua, Waka Polres Kompol Willy Kartamanah, para perwira di jajaran Polres Rohul, Wakil Ketua DPRD Pelalawan, dan tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia JRR ke-7 tahun 2019, Amir Luthfi, mengatakan untuk kelas Trabas Adventure, dipusatkan di Water Front City Pasirpangaraian diikuti lebih dari 839 peserta dari berbagai daerah di Provinsi Riau, dan luar daerah seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, bahkan dari pulau Jawa dan Kalimantan.

” Bagi yang peserta yang beruntung, akan mendapatkan hadiah utama yang disediakan panitia yakni sepeda 1 unit motor 150 cc, 4 unit sepeda motor 110 cc dan 4 unit sepeda motor matic, serta ratusan hadiah hiburan door price seperti TB, Kulkas , sepeda dan hadiah hiburan lainnya,” ujar Ketua Panitia, Amir Luthfi.

Ditanya terkait rute Trabas Adventure JRR ke-7, Amir mengatakan peserta akan mengikuti rute, star di pujasera melalui simpang tanbel ke objek wisata hapanasan, lanjut ke Cibogas, mendaki bukit hingga ke simpang kawasan kebun kurma. Kemudian melewati tanjakan bajakah, turun ke kebun karet, hingga keluar di simpang irigasi Sialang Jaya, keluar di simpang lembaga, dan finish di pujasera lagi.

Sementara, Bupati Rohul, Sukiman mengucapkan terima kasih kepada penggemar trabas, olahraga ekstrim yang memerlukan ketangkasan, ketrampilan, ketangguhan dan keberanian dalam menaklukkan alam.

“Pertama, kita memohon kepada Allah mudah-mudahan acara ini berjalan aman, lancar‎, selamat semua, dan tidak ada kendala,” kata Sukiman.

Bupati mengatakan untuk JRR tahun depan akan diupayakan dan ditingkatkan lagi agar lebih dan maju dan lebih besar lagi dari sebelumnya. Sehingga pecinta trabas dari seluruh provinsi di Indonesia‎ dan luar negeri tertarik mengikuti event olahraga tahunan ini, dalam meningkatkan potensi pariwisata di Kabupaten Rohul.

Event JRR ini, diakui bupati juga menghidupkan ekonomi kerakyatan. Karena peserta JRR dari luar daerah akan berbelanja selama berada di Kabupaten Rohul. Diyakini perputaran uang semakin tinggi.

Selain itu, sambung‎ bupati, JRR yang digelar rutin ini juga berimbas positif terhadap pariwisata di Kabupaten Rohul, karena peserta dari luar daerah tentunya akan ikut mempromosikan tempat wisata andalan yang ada di Negeri Seribu Suluk.

“Kita berharap Jelajah Rimba Rohul ini juga ikut memajukan pariwisata di Kabupaten Rokan Hulu ke depannya,” pungkas bupati.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal, mengatakan untuk mengangkat event ini ke kancah internasional hingga turis datang ke Rohul, diperlukan komitmen panitia untuk menetapkan tanggal pasti JRR ke- 8 tahun 2020.

Kemudian untuk menarik wisatawan dari luar negeri seperti Malaysia dan Singapura, Dinas Pariwisata Provinsi Riau akan bantu menghubungkan event ini dengan dunia industri. Karena yang menarik turis itu datang dunia industri yang andil dalam event itu sendiri. (adv)