free website hit counter
Potret Internasional 

Brunei Berlakukan Hukum Rajam Bagi LGBT

Potret24.com – Brunei Darussalamsecara resmi menerapkan undang-undang untuk menjatuhkan hukuman mati dengan melempari batu atau hukuman  rajam bagi pelaku perzinaan dan seks sesama jenis yang merupakan bagian  dari Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT).

Peraturan ini tentu saja mendatangkan kecemasan bagi komunitas LGBT. Undang-undang itu diperkenalkan Rabu (3/4/2019), di kerajaan kecil Asia Tenggara yang diperintah oleh Sultan Hassanal Bolkiah itu. 

Hukuman baru, yang juga termasuk amputasi tangan dan kaki untuk pencuri, akan menjadikan Brunei negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki hukum pidana syariah di tingkat nasional. Beberapa negara di sebagian besar Timur Tengah seperti Arab Saudi juga mematuhi hukum syariah.


KUHP secara resmi diterbitkan pada 2013 tetapi pemerintah mengatakan undang-undang itu akan diberlakukan selama beberapa tahun. Ini adalah penundaan paling kontroversial setelah adanya protes internasional. Undang-undang tersebut telah menyebabkan kegelisahan di komunitas kecil LGBT bawah tanah Brunei, yang sampai sekarang hidup dalam gelembung merah muda, menurut seorang aktivis LGBT yang akrab dengan negara tersebut.

Di sebuah negara di mana homoseksualitas sudah dilarang, penundaan hukum telah menciptakan rasa aman yang salah, kata Ryan Selviro, seorang aktivis hak LGBT dari jaringan hak asasi manusia SOGIE Caucus. Ia mengunjungi Brunei beberapa tahun lalu.

’’Pada waktu itu ada satu orang LGBT dan dia berkata, ’Lihatlah bagaimana saya berpakaian, lihat bagaimana saya bertindak, apakah saya ditangkap oleh polisi?’’ Dan kemudian beberapa orang lain berkata, saya pikir kita baik-baik saja selama kami tidak mengacau, mengadakan parade dan mengumumkan seksualitas kami,’’ kata Selviro. 

’’Jadi kesan saya sebagai orang luar adalah bahwa mereka menikmati rasa nyaman tertentu, tetapi saya menganggapnya hidup dalam gelembung merah muda,’’ tambahnya seperti dilansir the Guardian. (Lis)

Related posts