free website hit counter
Breaking News 

BMKG Deteksi Hotspot di Tiga Kabupaten di Riau

Potret24.com, Pekanbaru- Sebanyak 3 hotspot (titik panas) terdeteksi di Riau hari ini, Kamis (25/4/2019). Hotspot tersebut tersebar di 3 wilayah.

“Hotspot itu berada di Bengkalis, Siak dan Rohul. Masing-masing 1 titik,” ujar Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Marzuki.

Ia menjelaskan, ketiga titik ini berada di level konfidence 50 persen, artinya itu masih berpotensi titik panas, bukan titik api. “Namun kita tetap mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu terjadi kebakaran hutan dan lahan,” imbaunya.

Marzuki membeberkan, berdasarkan pantauan satelit visibility atau jarak pandang pada umumnya di Riau berada pada batas normal yakni di atas 5 kilometer.

“Hanya satu daerah yang memiliki jarak pandang 5 kilometer yaitu Pelalawan. Namun tidak disebabkan oleh kabut asap, tapi karena udara kabur,” ungkapnya.

Dijelaskan Marzuki, udara kabur terjadi akibat adanya partikel-partikel yang menghalangi udara, sehingga kabur.

“Udara kabur ini memang hanya sebentar saja. Jika matahari tinggi, udara pasti akan normal kembali. Namun kita akan terus lakukan pemantauan,” ungkapnya. (Lis)

Related posts