Berani Pungut Iuran ke Siswa? Kepsek di Pekanbaru Siap-siap Dipecat

Potret Pendidikan Potret Riau

Potret24.com, Pekanbaru- Kepala satuan pendidikan tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Pekanbaru jangan coba-coba memungut iuran yang membebani siswa. Dinas Pendidikan Pekanbaru mengancam akan memecat bila hal itu dilakukan.

“Kalau dalam bentuk sumbangan, silahkan saja. Yang terpenting jangan sifatnya mengikat,” kata Sekretaris Disdik Pekanbaru, Muzailis, Rabu (28/8/2019).

Ditambahkan Muzailis, pihak sekolah juga tidak dibenarkan menjual buku ke peserta didik. Larangan itu sesuai Permendikbud Nomor 44 tahun 2012 tentang Pungutan dan Sumbangan Biaya Pendidikan Pada Satuan Pendidikan Dasar.

“Jadi sekali lagi kita tegaskan, tidak ada lagi pungutan dalam bentuk apapun dari sekolah, karena memang sudah gratis,” tegasnya.

Bagi sekolah yang kedapatan melanggar dengan melakukan berbagai pungutan yang membebani peserta didik, Muzailis menyatakan pihak Disdik bakal mengambil tindakan tegas dengan mencopot jabatan kepala sekolah bersangkutan.

“Kalau memang terbukti, tentu kita tidak sesuai aturan berlaku. Pertama kita beri peringatan satu dua kali. Kalau masih juga, maka akan dievaluasi hingga mutasi (pencopotan),” pungkasnya. (Lis