Beberapa Penyebab Kulit Ketiak Menghitam

Potret Lifestyle

POTRET24.COM – Memiliki kulit ketiak hitam atau berwarna gelap seringkali membuat orang menjadi tidak percaya diri, khususnya bagi kaum wanita. Sebab, warna gelap di area tersebut membuat mereka menjadi tak leluasa memakai busana tanpa lengan.

Nah, tahukah kamu mengapa kulit ketiak bisa menghitam? Dr. Adinda Fitriningtias selaku Medical & Training Manager ZAP Clinic mengatakan bahwa kulit ketiak yang menghitam disebabkan penumpukan sel kulit mati. Karena itu, menurut dia, agar kulit ketiak tidak menghitam maka harus menghindari faktor-faktor yang dapat memicu hal itu terjadi.

Dia menjelaskan, produk deodoran bisa menyebabkan warna ketiak menggelap setelah digunakan selama beberapa waktu. Perubahan warna ini diakibatkan oleh sisa-sisa deodoran yang menumpuk di kulit ketiak.

“Sisa-sisa tersebut kemudian meninggalkan alumunium yang kemudian bercampur dengan bakteri yang ada pada lipatan ketiak. Perubahan warna juga bisa disebabkan oleh kandungan minyak pada keringat dan kelenjar minyak,” tuturnya kepada VIVA, belum lama ini.

Selain itu, mencukur bulu ketiak juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit ketiak, yang bisa menyebabkan perubahan warna. Di samping itu, juga menimbulkan bintik-bintik hitam pada ketiak.

“Itu lantaran  terlalu sering mencukur bulu ketiak atau karena ketiak selalu berkeringat, sehingga menjadi tempat yang cocok untuktempat tinggal bakteri di dalam kulit,” katanya.

Karena itu, mencukur ketiak dengan alat cukur instan, ada baiknya dihindari. Dan bagi yang memilih lemon untuk mencerahkan warna ketiak, sebaiknya juga dihindari. Soal lemon yang dianggap ampuh menghilangkan kulit hitam di ketiak, menurutnya, itu hanya mitos. Kandungan asam pada lemon justru bisa membuat kulit bisa teriritasi, sehingga malah membuat kulit ketiak semakin hitam.

Bagi kamu yang ingin mencerahkan warna ketiak dengan scrub, sebaiknya memilih produk yang tepat. Itu karena tidak semua scrub cocok untuk kulit. Disarankan memilih scrub khusus ketiak. “Scrub itu harus yang khusus ketiak. Bukan yang dapat dipakai di seluruh tubuh. Carilah scrub yang lebih memiliki tekstur yang sedikit halus,” ujar Adinda. (Lis)