free website hit counter
Potret Politik 

Banyak Petahana yang Keok ke DPRD Riau

Potret24.com, Pekanbaru- KPU Provinsi Riau telah menyelesaikan 11 rekapitulasi penghitungan suara kabupaten/kota se-Riau minus Bengkalis. Dari hasil pleno rekapitulasi tersebut, tidak sampai setengah dari 65 petahanan yang berhasil kembali melenggang ke menduduki kursi DPRD Riau periode 2019-2024.

Sementara hanya 27 orang anggota dewan petahana yang diprediksi duduk kembali, dan 4 orang anggota dewan yang sempat menjabat di periode sebelumnya dan dilakukan PAW karena yang bersangkutan mengikuti kontestasi Pilkada.

Rinciannya adalah, dari slot 9 kursi Dapil Kota Pekanbaru, hanya dua orang petahana yang berhasil duduk kembali ialah Noviwaldy Jusman (Demokrat) dan Ade Hartati Rahmat (PAN).

Selanjutnya, dari dapil Kampar, hanya tiga orang petahan yang berhasil duduk kembali, yakni Ramos Teddy Sianturi (Golkar), Eva Yuliana (Demokrat), Ma’mun Solikhin (PDIP) .

Dari Dapil Rokan Hulu, banyak petahana yang gagal untuk maju kembali, yang berhasil duduk kembali adalah Syamsurizal (PAN), dan Syafrudin Poti (PDIP). Syafrudin merupakan anggota DPRD Riau periode 2014-2019, ia di PAW oleh Rusli Ahmad karena mengikuti kontestasi Cabup Rohul.

Di Dapil Rohil, hanya tiga orang petahana yang berhasil duduk kembali yakni, Karmila Sari (Golkar), Asri Auzar (Demokrat) dan Husaimi Hamidi (PPP).

Petahana yang berhasil bertahan terbanyak adalah di dapil Siak-Pelalawan. Setidaknya ada 5 kursi petahana yang bertahan, yakni Sewitri (Golkar), Husni Tamrin (Gerindra), Markarius (PKS), Sugianto (PKB), Soniwati (PDIP).

Selanjutnya, juga duduk kembali anggota dewan yang menjabat pada periode 2014-2019 Zukri Misran (PDI-P) yang tak selesai menjabat sampai 2019 karena mengikuti ajang Pilkada Kabupaten Pelalawan dan digantikan PAW nya dengan petahana Tengger Sinaga.

Dapil Indragiri Hulu-Kuantan Singingi menempatkan kembali petahana sebanyak 4 orang, yakni Marwan Yohanis (Gerindra), Ade Agus Hartanto (PKB), Sugeng Pranoto (PDIP) dan Yulisman (Golkar).

Selanjutnya, untuk dapil Kabupaten Indragiri Hilir, yang berhasil duduk kembali adalah Sulastri (Golkar), Agus Triansyah (Demokrat) James Pasaribu (PDIP), H Muhammad Arpah (PPP), dan Septina Primawati (Golkar).

Sementara itu, untuk Dapil Kabupaten Bengkalis-Dumai-Meranti, meskipun minim Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, sejumlah petahana diprediksi kuat akan duduk kembali, yakni Almainis (PDIP), Sunaryo (PAN), Eddy AM Yatim (Demokrat), Mira Roza (PKS). Dan dua orang yang pernah menjabat sebagai anggota DPRD Riau, masa jabatan 2014-2019 yakni Hardianto (Gerindra).

Hardianto sebelumnya di PAW karena yang bersangkutan mengikuti kontestasi sebagai Cawagub Riau. Dan Muhammad Adil (PKB). Adil di PAW karena memutuska untuk pindah partai dari dari Hanura ke PKB. (Lis)

Related posts