free website hit counter
Potret Riau 

68 Kamar di RSJ Pekanbaru Siap Tampung Caleg Stres yang Tak Dapat Kursi di Riau

POTRET24.COM, PEKANBARU – Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan, Pekanbaru, Riau menyiapkan 68 kamar untuk menampung caleg stres yang tak lolos di Pemilu nanti. Sekitar 6 ribu masyarakat Riau terdaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) yang ikut bertarung di Pileg, 17 April 2019 nanti.

Mereka berlomba meraih simpati masyarakat untuk menjadi wakil rakyat di 12 DPRD kabupaten/kota, DPRD Provinsi Riau, DPR RI dan DPD RI.

Pantauan di sejumlah daerah di Riau, ribuan spanduk dan baliho caleg menghiasi media sosial, ruang publik, jalan hingga ke pelosok desa. Berbagai kegiatan sosial juga dimanfaatkan guna mengumpulkan suara. Tentunya, untuk membuat spanduk, baliho dan kegiatan sosial itu butuh anggaran. Bahkan, dana yang disiapkan setiap caleg di atas Rp100 juta. Ini hanya untuk caleg kabupaten/kota. Bagaimana dengan caleg provinsi, DPR RI dan DPD RI? Dipastikan angkanya jauh melebihi angka Rp 100 juta.

Dari ribuan caleg yang ikut kontestasi politik praktis ini,  dipastikan hanya 8 persen yang duduk sebagai wakil rakyat. Ini sesuai aturan yang berlaku. Sisanya, 92 persen caleg gagal. Ada diantara mereka yang depresi, stres, bahkan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Pekanbaru, Haznelli Juita saat dikonfirmasi riau1.com mengatakan, pihaknya siap menampung pasien orang dengan gangguan jiwa, termasuk mereka yang stres akibat gagal nyaleg. Gedung RSJ yang baru selesai dibangun, saat ini memiliki 68 kamar dan bisa menampung 230 pasien rawat inap.

“Fasilitas kita sudah lengkap. Ada 68 kamar dan 230 tempat tidur yang disiapkan untuk pasien rawat inap, khususnya orang dengan gangguan jiwa. Diantaranya, VIP satu (1), kelas I tujuh (7), kelas II 10, kelas III 186 dan intensif 26 tempat tidur,” kata Haznelli, beberapa waktu lalu.

Tak hanya fasilitas kamar, wanita berkerudung itu menambahkan, Pemerintah Provinsi Riau juga menyiapkan ratusan sumber daya manusia (SDM) untuk menangani pasien gangguan jiwa tersebut. Seperti dokter spesialis jiwa, dokter umum, perawat, psikolog dan tenaga kesehatan lainnya.

“Intinya, kita siap tampung pasien ganguan jiwa. Siapapun yang memerlukan perawatan penatalaksanaan kesehatan jiwa.  Sebagai rumah sakit khusus kelas A tentu kami siap. Dengan standar akreditasi paripurna. Fasilitas kita di RSJ sekarang cukup bagus, ada gedung baru Poliklinik yang lengkap. Ini sudah kita buktikan waktu tes kejiwaan bagi ribuan caleg beberapa waktu lalu,” kata Haznelli.

Begitu juga dengan pasien yang memiliki kartu BPJS, kata Hasneli, sesuai regulasi dan prosedur akan ditanggung pemerintah melalui BPJS. “Iya, kalau ada kartu, biaya perawatan ditanggung BPJS. Kan prosedurnya seperti itu,” pungkasnya.

Komisioner KPU Riau M Ilham Yasir mengatakan, lebih 6 ribu caleg yang mengikuti Pileg 2019 di Riau. Mereka terdaftar sebagai caleg DPRD di 12 kabupaten/kota, DPRD Riau, DPR RI dan DPD RI.

“Datanya saya kurang hafal, yang saya ingat untuk caleg DPRD Riau saja jumlahnya lebih 900 orang. Kursi yang diperebutkan 65. Kalau DPRD kabupaten/kota calegnya di atas 300 orang per daerah. Rata-rata kursi yang tersedia 40 atau 45. Ditambah caleg DPR RI dan DPD. Ya, kalau dihitung, kursi yang ada hanya 8 persen dari 6 ribu caleg yang mengikuti Pileg 2019 nanti,” jelasnya. (Lis)

Related posts