5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mengendarai Mobil Matic

Potret Tekno
Potret24.com, Jakarta– Mobil  bertransmisi automatic kian diminati konsumen karena mudah dalam pengoperasiannya. Meski kelihatannya mudah ternyata ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat mengendarai mobil matic.

Melansir laman suzuki.co.id, ada lima hal yang tidak boleh dilakukan pada mobil bertransmisi matic. Apa saja?

Pertama, jangan memindah transmisi ke posisi netral di jalan menurun. Cara ini salah. Dan kalau sering dilakukan bisa membuat transmisi jebol, karena terdapat pompa oli dan lainnya.

Terlebih, di mobil zaman sekarang jika pengendara tetap memasukkan gigi di jalanan menurun mesin mobil akan menyesuaikan otomatis agar konsumsi bahan bakar.

“Ketika tetap memasukkan gigi, fuel injector akan tertutup dan putaran roda akan meneruskan tenaga ke mesin. Jadi tidak ada bahan bakar yang digunakan,” kata penjelasan di laman tersebut.

Kedua, pastikan mobil berhenti sebelum mengganti posisi transmisi. Misalnya saat Anda ingin memundurkan mobil dari posisi gigi ‘D’ ke ‘R’ maka pastikan dulu mobil sudah berhenti, begitu juga sebaliknya.

Ketiga, kendaraan jangan langsung digeber. Terutama saat posisi gigi netral, jangan langsung menginjak pedal gas dalam dan langsung memindah transmisi ke posisi ‘D’. Hal ini sangat tidak disarankan karena berisiko merusak komponen transmisi dan juga sistem clutch (kopling).

Keempat, jangan berhenti di lampu merah dengan posisi gigi ‘D’ dan menginjak rem. Sebab hal ini akan membuat umur transmisi lebih pendek. Jadi lebih baik langsung posisikan gigi ke netral jika berhenti di lampu merah cukup lama.

Kelima, jangan pindahkan gigi pada posisi ‘P’ saat mobil belum berhenti penuh. Memindahkan tuas transmisi saat mobil belum berhenti, berisiko merusak transmisi dan memperpendek umur transmisi. Terlebih tuas P untuk parkir bukan untuk mengerem kendaraan. (Lis)

Sumber: detik.com