free website hit counter
Breaking News 

100 Puskesmas di Riau Buka 24 Jam Selama Musim Mudik

Potret24.com, Pekanbaru – 100 unit Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Riau  buka 24 jam untuk melayani pemudik. Selain itu tim medis juga disiapkan.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyiapkan tim medis untuk para pemudik. Tak hanya untuk menangani korban kecelakaan, tim medis di Pos Pengamanan (PosPam)   Lebaran Idul Fitri 2019 itu pun disiapkan untuk melakukan cek kesehatan pemudik.

“Jangan selalu menganggap tim medis di pos pengamanan hanya untuk melayani bila ada kecelakaan saja. Tim medis kita juga melayani cek kesehatan para pemudik terutama pengemudi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Dra Mimi Yuliani Nazir MM, Sabtu (1/5/2019).

Menurut Mimi, tim medis yang disediakan pihaknya dari unsur dokter hingga perawat. Tim akan bergabung dengan instansi terkait di pos pam lebaran 1440 Hijriah yang ada.

Tim kesehatan yang ada, kata Mimi, tidak semata-mata hanya bertugas jika terjadi kecelakaan saja. Melainkan, tim yang ada juga siap melayani cek kesehatan para pemudik. Sehingga bila ada pemudik yang ingin cek kesehatan dipersilahkan mampir.

“Jadi kalau ada pemudik yang lelah, silahkan singgah di pos lebaran. Silahkan kalau mau cek kesehatan tim medis kami akan melayani secara gratis,” kata Mimi.

Cek kesehatan di perjalananan, kata Mimi, juga sangat penting dilakukan. Jika kelelahan, pemudik dipersilakan untuk beristirahat di Pos Lebaran.

“Misalkan saja merasa pusing dalam perjalanan, sambil istirahat silahkan cek kesehatan dengan tim medis. Tim kami akan memberikan pelayanan yang maksimal,” ujarnya.

Selain itu, katanya, pihaknya juga sudah menyiagakan 100 Puskesmas di jalur mudik untuk buka 24 jam. Puskesmas juga akan melayani cek kesehatan selain menangani bila ada kasus kecelakaan.

“Perlu dilakukan upaya promotiv dan prevebntive menghindari kecelakan dengan mempersiapkan kesehatan jiwa dan fisik. Kebugaran pengemudi, stetching pengemudo diperjalanan, dan asupan makanan yang cukup kalori,” pungkas Mimi. (Lis)

Related posts